Bisnis Rental Mobil dan Tips Memulainya

Bisnis Rental Mobil dan Tips Memulainya

Bisnis rental mobil, kebutuhan akan kendaraan bermotor dari waktu ke waktu memang semakin tinggi. Di tengah aktivitas manusia yang jaman modern ini dituntut untuk semakin cepat, menjadikan mereka itu menginginkan segala sesuatunya lebih mudah dan praktis. Di antara orang-orang tersebut, banyak yang memilih menggunakan mobil untuk moda transportasi dalam menjalankan aktivitas bisnis. Itu karena dengan menggunakan mobil, maka akan lebih praktis juga bisa menampung rekan ataupun anggota keluarga di dalam 1 kendaraan, dan ini merupakan salah satu dari alasan mereka mengapa menggunakan mobil. Namun tak semua orang mempunyai mobil, dan di sinilah letak peluang yang dapat Anda manfaatkan untuk menjalankan bisnis penyewaan mobil atau rental mobil. Mari baca selengkapnya.

Bisnis Rental Mobil dan Prospeknya

Memang bisnis ini memiliki prospek yang cukup bagus dan juga menjanjikan. Namun cukup banyak pebisnis rental mobil harus gulung tikar saat mereka baru saja menjalankan bisnis yang satu ini. Hal tersebut menjadikan nyali para pengusaha pemula ciut dalam memulai bisnis sewa mobil. Padahal jika mereka dapat berpikir dengan kreatif, sesungguhnya bisnis ini dapat berjalan dengan sukses, dan menghasilkan profit yang cukup banyak.

Tarif dalam Usaha Rental Mobil

Bisnis sewa mobil biasanya menggunakan tarif harian. Contohnya adalah per 6, 8, 12, hingga 24 jam, dengan patokan biaya berbeda-beda. Perawatan mobil di luar tanggung jawab penyewa, tetapi biaya menyewa mobil tersebut masih belum termasuk biaya sopir dan biaya BBM. Apabila para penyewa mobil tersebut mau menggunakan sopir, biasanya jasa rental sudah menyediakan jasa sopir, dengan penambahan pada biaya sewa.

Umumnya pengusaha rental mobil itu mempunyai relasi dengan banyak sopir freelance, yang akan siap sedia saat jasa mereka dibutuhkan. Bisnis yang satu ini memang benar-benar menjanjikan dan dapat memberikan keuntungan besar, tetapi memang juga diikuti oleh resiko yang tinggi. Salah satu yang termasuk dalam resiko tinggi tersebut yakni oknum penyewa yang tak bertanggung jawab. Dengan sengaja membawa lari atau kabur mobil sewaan tersebut. Dan masih belum lagi perhitungan uang yang harus dikeluarkan oleh perusahaan jika ada kecelakaan, dan di luar asuransi. Tetapi semua usaha juga pasti ada resikonya.

Supaya usaha rental mobil yang Anda jalankan dapat menghasilkan pendapatan yang besar, serta resiko kecil, maka Anda dapat mencoba mengikuti beberapa tips yang akan kami share di bawah ini:

Tips Usaha Rental Mobil

  • Anda harus mencari lokasi usaha yang strategis
  • Pahami apa yang dibutuhkan oleh konsumen, umumnya konsumen senang dengan mobil yang dapat menampung cukup banyak orang.
  • Anda sebaiknya memilih mobil dengan biaya operasional dan biaya perawatan kecil. Juga harga suku cadang murah, serta biaya perawatan rendah, itu semua bisa membantu Anda untuk penghematan biaya operasional keseluruhan.
  • Coba memanfaatkan jasa asuransi untuk proteksi mobil dari macam-macam resiko yang ada.
  • Manajemen administrasi harus transparan juga lengkap – Supaya data konsumen dapat dilihat apabila terjadi sesuatu di luar harapan.
  • Anda sebaiknya menjalin hubungan dengan berbagai bengkel ataupun montir langganan, supaya ketika melakukan perbaikan atau perawatan, dapat memperoleh harga yang lebih murah.
  • Jangan lupa mengoptimalkan media promosi, contohnya, iklan online, brosur, dan spanduk.
  • Cari pelanggan dari pihak perusahaan atau instansi, supaya dapat Anda jadikan pelanggan tetap.

Sekian artikel tentang bisnis rental mobil dan tips memulainya, semoga bermanfaat.